RENCANA BISNIS “SIRUP
IDOL”
RINGKASAN EKSEKUTIF
PT Sirup Idol menawarkan
produk berupa sirup yang disajikan dalam rasa buah melon yang dicampur dengan
kadar air dan kadar gula. Sirup Idol tersebut dijual dalam kemasan botolan
dengan berat neto 600 ml. Usaha sirup di Indonesia memiliki prospek yang menjanjikan
untuk dikembangkan. Ini dapat diketahui dari tingginya permintaan baik di dalam
negeri. Target pasar kami adalah masyarakat luas. Usaha sirup ini banyak
dikembangkan oleh industri pangan maupun pabrik rumahan di berbagai wilayah di
Indonesia. Dengan dilakukan program pemerintah yaitu penanganan dan pengolahan
terhadap hasil pertanian atau perkebunan di Indonesia membuat tercukupinya
pasokan bahan baku. Ini juga berarti usaha Sirup Idol dapat berkelanjutan dan
berpeluang untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Dengan demikian, penawaran
berpotensi untuk menaikan produk Sirup Idol sebagai upaya untuk memenuhi
permintaan dari pasar yang cenderung makin tinggi. Prospek pengembangan ini,
kami optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan kami.
Keunggulan dalam produk
ini adalah:
a. Gula
yang digunakan dalam sirup ini merupakan gula pasir tebu yang merupakan gula
pasir alami. Sirup ini dibuat tidak menggunakan pemanis buatan.
b. Melalui proses
pembuatan yang benar-benar alami sehingga nutrisi yang terkandung dalam buah
melon tidak hilang.
c. Rasa manis alami
dari sirup ini memiliki aroma yang khas dan wangi tentunya sangat menyegarkan.
Tingginya permintaan didalam negri, khususnya pada saat menjelang bulan puasa
Ramadhan, membuat kami yakin dengan keuntungan yang akan kami peroleh.Pada awal
operasionalnya, produk ini akan dipasarkan secara terfokus pada pasar domestik
melalui retailer-retailer sehingga mampu menjangkau kota-kota besar diseluruh
Indonesia. Setelah memperoleh sertifikat organik dalam badan sertifikasi
internasional, perusahaan akan memasarkan produk ke luar domestik.
Harga jual yang ditetap untuk Sirup Idol adalah RP 20.000,-
perbotol dengan berat bersih 600 ml, Kami memasarkan langsung produknya kepada
konsumen melalui retail, toko maupun supermarket terdekat yaitu sekitar
Tangerang, Banten dengan metode pengiriman barang langsung. Lalu target
kami selanjutnya sebelum bulan puasa Ramadhan tiba, kami mempromosikan produk
kami keluar daerah dengan media publikasi sehingga permintaan akan produk kami
memuncak ketika Ramadhan tiba. Dengan target pasar yang lebih luas menjamin
keuntungan yang akan kami peroleh tiap bulannya.
Pernyataan Misi Perusahaan
Untuk mendukung program
pemerintah dalam penanganan dan pengolohan terhadap hasil pertanian dan
perkebukan di Indonesia maka kita membuat minuman berbahan dasar buah hasil
perkebunan untuk meningkatkan pendapatann masyarakat serta membantu pertumbuhan
ekonomi dan terhindarnya generasi muda dari minuman minuman yang banyak
menggunakan zat kimia.
Perusahaan
Kegiatan usaha berupa
memproduksi Sirup Idol dengan bahan baku utamanya berupa buah melon air dan gula
pasir. Sirup ini dikemas dengan menggunakan botol dan penutup botol. Berat
bersih Sirup Idol per botol adalah 600 ml. Produk Sirup Idol ini akan
didistribusikan kepada konsumen melalui retail seperti, toko-toko, hypermart
dan swalayan lainnya. Pedistribusian sirup idol melalui Distributor sirup,
Supplier sirup dan kerja sama dengan penjual minuman. Sirup idol ini dapat
diminum oleh semua kalangan (anak-anak, remaja, orang tua).
Kepemilikan Perusahaan
PT Sirup Idol
merupakan perusahaan keluarga yang berbentuk perseroan terbatas,
dimana terdapat 1 (satu) orang yang menjadi pendirinya. Pendiri bertindak
sebagai Komisaris dan terdapat satu orang Direktur, yaitu pihak yang memberikan
modal dalam pendirian perusahaan ini. Selanjutnya, Direktur tersebut membawahi
para manajer. Berdasarkan kebijakan yang telah dibuat, jajaran manajer dan
tenaga kerja lainnya direkrut secara terbuka.
Sejarah Perusahaan
Cikal bakal Sirup Idol
bermula dari usaha keluarga yang didirikan oleh dua bersaudara Mch Fazriansyah
dan Adhi. Awalnya, mereka berdagang aneka barang, antara lain anggur
tradisional yang dikemas dalam botol. Selang dua tahun, tepatnya 14 Februari
2017 mereka berniat membuat minuman dari bahan organic yaitu melon maka
terbentuklah SIrup Idol.
Dua bersaudara ini memutuskan
untuk berbisnis dikarenakan sudah mempunyai pengalaman menjual minuman
sebelumnya, maka dari itu mereka mengembangkan pengalaman yang telah di dapat
untuk membentuk perusahaan keuluarga, hingga saat ini penjualan sirup idol
sudah mencapai seluruh nusantara.
Lokasi dan Fasilitas
Perusahaan
Pabrik sekaligus kantor
untuk kegiatan operasional PT. Sirup Idol ini akan dibangun di daerah
Tangerang, Banten. Perusahaan berencana untuk membeli tanah dengan luas 1.500 m
persegi didekat jalan raya untuk mempermudah akses transportasi kendaraan
operasional perusahaan.
Pabrik sirup ini akan
berada di daerah Tangerang, Banten seluas 1.500 m2. Lahan tersebut
akan digunakan untuk:
Fasilitas
Perusahaan tidak memiliki
fasilitas penunjang yang ditujukkan kepada karyawaannya yakni berupa seperti
mess karyawan. Tetapi di sekitar lingkungan pabrik berdiri, banyak terdapat
kos-kosan yang dapat ditinggali oleh karyawan dan memiliki jarak yang dekat dengan
pabrik.
Dalam proses pembuatan
Sirup Idol, perusahaan ini menggunakan beberapa peralatan. Beberapa mesin dan
peralatan yang digunakan telah sesuai dengan perencanaan yang baik untuk
memenuhi sebuah standar produksi. Masing-masing peralatan yang digunakan sesuai
dengan fungsi dalam proses produksi sirup ini
Produk atau Jasa
PT Sirup Idol menawarkan
produk berupa sirup yang disajikan dalam rasa buah melon yang dicampur dengan
kadar air dan kadar gula. Sirup Idol tersebut dijual dalam kemasan botolan dengan
berat neto 600 ml. Keuanggulan dalam produk ini adalah:
ü Gula
yang digunakan dalam sirup ini merupakan gula pasir tebu yang merupakan gula
pasir alami. Sirup ini dibuat tidak menggunakan pemanis buatan.
ü Melalui
proses pembuatan yang benar-benar alami sehingga nutrisi yang terkandung dalam
buah melon tidak hilang.
ü Rasa
manis alami dari sirup ini memiliki aroma yang khas dan wangi tentunya sangat
menyegarkan.
Deskripsi Barang dan Jasa
Sirup Idol
PT Sirup Idol ini
memproduksi sirup dalam kemasan botolan dengan rasa buah melon dengan nama
merek dagang Sirup Idol. Produk ini dibuat dalam kemasan dengan berat netto 600
ml. Bentuk kemasan menggunakan botol dengan ditempeli label yang ditempatkan
pada kemasan botol kaca ukuran 600ml. Perusahaan berkerja sama dengan Klien
Sribu yaitu Oshaly yang merupakan perusahaan jasa desain label kemasan untuk
mendesain kemasan label Sirup Idol. Perusahaan Sirup Idol menginginkan desain
yang memiliki kesan dan dibuat sesimple mungkin, mudah dipahami dan diingat,
orisinil (bukan tiruan dari desain produk yang sudah ada) dan mencerminkan
sifat produk. Pembuatan sirup dengan memanfaatkan buah melon dan
merupakan salah satu usaha yang dapat dikembangkan dalam usaha skala industri
rumah tangga atau juga dengan skala perusahaan.
Peramalan Pasar/ Pasar
Sasaran
Perusahaan Sirup
Idol,didirikan setelah suksesnya sirup Mardjan dan ABC dipasaran.Maka dari itu,
Sirup Idol belum memilki Brand Equity yg cukup untuk memangsa pasar sebesar
sirup Mardjan dan sirup ABC.Disamping itu,penduduk Indonesia meningkat 2jt jiwa
setap tahunnya,salah satu factor dari pertumbuhan Industri makanan dan minuman
adalah jumlah populasi.Dengan peningkatan tersebut, proyeksi pertumbuhan
industry minuman akan cenderung mengalami peningkatan. Untuk jangkauan pasaran
sirup Idol,sirup Idol ingin produknya dapat dijangkau dengan mudah oleh semua
khalangan masyarakat,melalui,system distribusi yg optimal.
Kunci untuk Sukses
Kualitas Bersaing 1
Gula yg digunakan dalam
sirup ini merupakan gula pasir tebu,yg merupakan gula pasir alami.Sirup ini
dibuat tidak dengan pemanis buatan.Melalui proses pembuatan yg benar benar
alami ini,membuat nutrisi yg terkandung dalam buah melon tidak hilang.Rasa
manis alami dari sirup ini memiliki aroma yg khas dan wangi tentunya sangat
menyegarkan.
Kualitas Bersaing 2
Jika dibandingkan dengan
competitor lain,sirup idol memiliki harga yg lebih rendah dibandingkan dengan
competitor lain.Walaupun harga sirup tersebut cukup bersaing,Sirup Idol
tersebut yakin dapat memangsa pasar atas produk yg dijualnya karena memiliki
kualitas yg tinggi.
Kualitas
Bersaing 3
Sirup ini dibuat dengan
melalui pemeriksaan kadar higienis yg sempurna.Rangkaian botol botol yg akan di
isi dengan sirup,harus melalui pemeriksaan yg teliti dengan melalui pemeriksaan
manual atau elektronik (scapping) dan sirup idol telah mengantongi
sertifikat halal dari MUI.
Strategi Bisnis dan
Implementasi
Dalam perusahaan kami
yaitu PT.Sirup Idol, kami akan menggunakan strategi bisnis Alliance Strategy
dimana kami akan membangun kerja sama yang dilakukan oleh perusahaan kami
selaku pembuat minuman Sirup Idol dengan petani buah melon yang ada di desa
Konoha. Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan melimpahnya hasil panen buah
melon yang berkualitas di desa Konoha, selain itu juga masih belum adanya warga
yang mengolah buah melon ini menjadi minuman olahan. Hal tersebut akan
membentuk suatu relasi bisnis yang saling bersinergi dan sekaligus akan
meningkatkan perekenomian desa Konoha serta memajukan perusahaan PT.Sirup Idol.
Saat ini perusahaan kami akan memfokuskan pada pemasaran, hal tersebut
dilakukan untuk memperkenalkan produk Sirup Idol kami kepada masyarakat yang
akan menjadi calon konsumen kami.
Periklanan
Dalam periklanan, kami
akan membuatnya dalam 3 format iklan yang akan dilakukan secara bertahap. Yaitu
dimulai dari iklan tv, iklan cetak, dan iklan radio. Kami menggunakan 3 format
ini dikarenakan media-media tersebut sangat sering digunakan, dilihat maupun
didengar oleh masyarakat, sehingga diyakini produk kami akan lebih cepat
dikenal dan dapat dengan segera menarik perhatian calon konsumen. Dalam iklan
itu kami akan memperkenalkan lebih dalam tentang produk kami kepada calon
konsumen dan memberitahu keunggulan produk kami yang menggunakan bahan-bahan
alami serta diolah dari buah asli sehingga lebih sehat dan halal untuk
dikonsumsi setiap hari ketika haus mendera.
Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran,
produk kami ini hadir untuk memberikan suatu olahan minuman kepada masyarakat
khususnya sirup tanpa menggunakan perisa atau perasa kimia, melainkan dengan
olahan buah alami. Kami ingin menonjolkan buah melon ciri khas desa Konoha yang
merupakan buah melon varietas terbaik di Indonesia yang dimana menjadi bahan
utama dalam pembuatan Sirup Idol ini. Sehingga kualitas Sirup Idol ini sangat
baik, dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa dan tidak perlu
diragukan lagi dengan rasa manisnya yang mampu membuat Indonesia tersenyum.
Rencana Penjualan
Rencana penjualan
dilakukan dengan tiga cara. Pertama, secara partai besar. Para agen toko dapat
memesan langsung ke perusahaan dengan jumlah besar sesuai dengan yang
dibutuhkan dengan catatan membuat terlebih dahulu pemesanan jenis produk,
jumlah produk, tanggal diutuhkannya produk. Kedua, secara eceran. Perusahaan
akan membuka toko yang menjual produk secara eceran, sehingga pihak perusahaan
dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen sehingga mudah dalam mendapatkan
saran dan kritikan dari produk yang dijual. Ketiga, secara online. Karena era
globalisasi yang berkembang pesat, sehingga semakin dimudahkannya mendapatkan
kebutuhan hidup dengan mencari di internet. Oleh karena itu, perusahaan
berencana untuk membuat sebuah web yang memuat tentang jenis-jenis produk yang
dijual dan konsumen dapat memesan langsung di web tersebut.
Aliansi Strategis
Dalam aliansi strategis,
perusahaan juga berencana untuk bekerjasama dengan web-web yang berfungsi
sebagai e-commerce yang sudah terkenal di kalangan masyarakat untuk menaruh
produk yang tersedia untuk dijual. Untuk sistem komisi, perusahaan akan mengikuti
jumlah presentase yang diberlakukan oleh pihak web e-commerce.
Dengan bantuan web
e-commerce tersebut, diharapkan dapat meningkatkan promosi produk serta
distribusi produk kepada konsumen.
Organisasi
PT Sirup Idol
merupakan perusahaan keluarga yang berbentuk perseroan terbatas,
dimana terdapat 1 (satu) orang yang menjadi pendirinya. Pendiri bertindak
sebagai Komisaris dan terdapat satu orang Direktur, yaitu pihak yang memberikan
modal dalam pendirian perusahaan ini. Selanjutnya, Direktur tersebut membawahi
para manajer. Berdasarkan kebijakan yang telah dibuat, jajaran manajer dan
tenaga kerja lainnya direkrut secara terbuka.
Perusahaan dibagi menjadi
3 (tiga) divisi. Yaitu divisi produksi, divisi pemasaran, dan divisi keuangan
& administrasi. Dimana masing-masing divisi dipimpin oleh seorang manajer.
Struktur Organisasi
Tim Manajemen
· Komisaris
Nama
: Septian Wibowo
Komisaris merupakan
pendiri dari PT Sirup Idol.
· Direktur
Nama
: Rian Septa Setia
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 4 tahun menjadi manajer Produksi PT Sirup ABC
Pada struktur organisasi,
direktur berada pada puncak hierarki dan bertanggung jawab penuh atas
kelangsungan PT Sirup Idol. Tugas dan fungsi direktur adalah sebagai berikut :
ü Menjadi
pemimpin pelaksana operasional PT Sirup Idol.
ü Melakukan
koordinasi dengan Komisaris, serta melakukan pelaporan secaraberkala.
ü Mengawasi
kinerja divisi-divisi yang dibawahinya.
ü Membuat
perencanaan strategis agar perusahaan dapat berkembang pesat kedepannya.
· Manajer
Produksi
Nama
: Mochamad Fazriansyah
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 2 tahun menjadi Supervisor PT Panasonic Manufacturing Indonesia
Pada struktur organisasi, Manajer Produksi berada
di bawah Direktur. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Manajer Produksi:
ü Mengawasi
kegiatan operasional yang dilakukan di pabrik sehari-hari serta melakukan
inspeksi pada proses produksi.
ü Membawahi
dan bertanggung jawab atas bagian operasional pabrik.
ü Memberikan
laporan bulanan kepada Direktur mengenai pelaksanaan operasional pabrik.
ü Bertanggung
jawab dan melakukan pengawasan terhadap kinerja para pekerjapabrik.
ü Bertanggung
jawab atas proses pembelian bahan baku produksi, penyimpanan bahan baku maupun
bahan jadi.
· Manajer
Pemasaran
Nama
: Rangga Ferbrianda
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 3 tahun menjadi manajer pemasaran PT Sirup Marjan
Pada struktur organisasi,
Manajer Pemasaran berada di bawah Direktur. Berikut adalah fungsi dan
tugas-tugas Manajer Pemasaran:
ü Melakukan
fungsi marketing perusahaan seperti advertising, promotion, danpublic relation.
ü Melakukan
analisis konsumen sebagai masukan untuk melakukan inovasi dan perbaikan produk.
ü Memberikan
laporan bulanan kepada Direktur mengenai kegiatan pemasaran yang telah dan akan dilakukan.
· Manajer
Keuangan & Administrasi
Nama
: Syifa Mutia
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 2 tahun menjadi manajer KCP PT BCA
Pada struktur organisasi, Manajer Keuangan dan
Administrasi berada di bawah Direktur. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas
Manajer Keuangan dan
Administrasi:
ü Membuat
perencanaan dana (budgeting).
ü Membuat
kebijakan keuangan yang berhubungan dengan alokasi penggunaan sumber dana.
ü Memberikan
laporan dua mingguan kepada Direksi mengenai kegiatan keuangan.
ü Membuat
laporan keuangan perusahaan setiap tiga bulan sekali.
ü Mengontrol
arus kas masuk dan arus kas keluar.
· Staff
Finance
Nama
: Arief Herlambang
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 1 tahun menjadi kepala finance PT Sirup Marjan
Pada struktur organisasi, admin kantor berada di bawah
Manajer Keuangan dan Administrasi. Berikut adalah fungsi dan
tugas-tugas dari Staf Administrasi:
ü Bertanggung jawab atas pencatatan
biaya operasional perusahaan.
ü Melakukan laporan berkala kepada
manajer keuangan.
· Staff
Akuntansi
Nama
: Nada Sakira
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 3 tahun menjadi staff akuntansi PT Astra Komponen Indonesia
Pada struktur organisasi, akuntan berada di bawah Manager
Keuangan dan Administrasi.Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas akuntan:
ü Melakukan
pencatatan akuntasi terhadap semua trasnsaksi yang terjadi diperusahaan.
ü Melakukan
audit terhadap keadaan perusahaan secara periodik.
ü Menyiapkan
laporan keuangan perusahaan secara berkala.
ü Melakukan
laporan berkala kepada Manajer Keuangan.
· Staff
Marketing
Nama
: Aprylian Maulana
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 2 tahun menjadi manajer marketing PT Yanmar Indonesia
Pada struktur organisasi, Staf Marketing berada di
bawah Manager Pemasaran. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Staf Marketing:
ü Menyusun,
menjalankan dan mengevaluasi strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produk.
ü Berkoordinasi
dengan media promosi dan publikasi.
· Supervisor
Pabrik
Nama
: Jovi Hermansyah
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 5 tahun menjadi supervisor PT Pfizer Indonesia
Pada struktur organisasi, Supervisor berada di
bawah Manajer Produksi. Berikut adalahfungsi dan tugas-tugas Supervisor:
ü Bertanggung
jawab atas hasil kerja Staf
ü Memberi
motivasi kerja kepada Staf Bawahanya
ü Supervisor
membuat usulan promosi jabatan bagi Staf bawahannya
ü Supervisor
memberikan reward (penghargaan) kepada Staf Bawahannya
ü Supervisor
berhak memberikan Punishment (hukuman) untuk Staf Bawahannya
· Quality
Control
Nama
: Eko Aji Sejati
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 2 tahun menjadi Quality Control PT Sanyo Indonesia
Pada struktur organisasi, Quality Control berada
di bawah Manajer Produksi. Berikut adalah fungsi dan
tugas-tugas Quality Control:
ü Memantau
perkembangan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan.
ü Bertanggung
jawab untuk memperoleh kualitas dalam produk dan jasa perusahaannya.
ü Bertanggung
jawab untuk mengidentifikasi masalah dan isu-isu mengenai kualitas produk dan
juga harus membuat rekomendasi kepada otoritas yang lebih tinggi.
· Kepala
Gudang
Nama
: Eko Dwilangga
Latar
Belakang : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman
: 3 tahun menjadi Kepala Gudang PT Lazada
Pada struktur organisasi, kepala gudang berada di
bawah Manager Operasi. Berikut adalahfungsi dan tugas-tugas kepala gudang:
ü Melakukan
pengawasan atas semua inventori yang ada di dalam gudang, baik bahan baku,
barang setengah jadi, maupun barang jadi.
Melakukan laporan berkala
kepada manajer produksi.
Tim Management
BIODATA PEMILIK /
PENGURUS
1.
Nama
: Mch Fazriansyah
2.
Jabatan
: MANAJER
3.
Tempat dan Tanggal Lahir : BONDOWOSO, 25 MARET 1996
4.
Alamat
Rumah
: SUKOSARI KIDUL
5.
Nomer
Telepon
: 08089765455
6.
Nomor
Fax
: -
7.
Alamat E-mail Terakhir : fazriansyah.mo@gmail.com
8.
Pendidikan Terakhir
: S1-TI
9.
Pengalaman
Kerja
: -
BIODATA PEMILIK /
PENGURUS
1.
Nama
: Septian
Adhi Wicaksono
2.
Jabatan
: HUMAS PEMASARAN
3.
Tempat dan Tanggal Lahir : BONDOWOSO, 12 AGUSTUS 1996
4.
Alamat Rumah
: SUKOSARI LOR
5.
Nomer
Telepon
: 081876789009
6.
Nomor
Fax
: -
7.
Alamat E-mail Terakhir :
septianadhiwicak@gmail.com
8.
Pendidikan Terakhir
: S1-TI
9.
Pengalaman
Kerja
: -
BIODATA PEMILIK /
PENGURUS
1.
Nama
: Eko Saputra
2.
Jabatan
: PEMASARAN
3.
Tempat dan Tanggal Lahir : JEMBER, 17 MEI 1995
4.
Alamat
Rumah
: PERUM JEMBER PERMAI 2 BLOK R - 11
5.
Nomer
Telepon
: 081987654009
6.
Nomor
Fax
:
7.
Alamat E-mail Terakhir : eko1996saputra@gmail.com
8.
Pendidikan Terakhir
: SMK
9.
Pengalaman
Kerja
: -
BIODATA PEMILIK /
PENGURUS
1.
Nama
: Nada Verrel
2.
Jabatan
: KEUANGAN
3.
Tempat dan Tanggal Lahir : PROBOLINGGO,06 JUNI 1996
4.
Alamat
Rumah
: Jl. YOS SUDARSO KAB. PROBOLINGGO
5.
Nomer
Telepon
: 089765454342
6.
Nomor
Fax
: -
7.
Alamat E-mail Terakhir : nvnadanaga694@gmail.com
8.
Pendidikan Terakhir
: D3
9.
Pengalaman
Kerja
: -
BIODATA PEMILIK /
PENGURUS
1.
Nama
: Rangga Febrianda Pratama
2.
Jabatan
: PRODUKSI
3.
Tempat dan Tanggal Lahir :
Situbondo, 27 Februari 1995
4.
Alamat
Rumah
: Jl. CENDRAWASIH KAB SITUBONDO
5.
Nomer
Telepon
: 085678543432
6.
Nomor
Fax
: -
7.
Alamat E-mail Terakhir :
ranggafebrianda@gmail.com
8.
Pendidikan Terakhir
: D4
9.
Pengalaman
Kerja
: -
Kesenjangan Tim Manajemen
Untuk Keterampilan yang
belum dimiliki Tim, kita memutuhkan staff-staff tambahan lainnya seperti staff
Finance, Akuntansi, Admin, Marketing, Distribusi, Supervisor, Gudang, dll.
Menggunakan tenaga kerja yang direkrut secara terbuka.
Pertimbangan Tim
Manajemen Lainnya
Setiap manajemen dan
pegawai yang akan masuk ke perusahaan ini perlu dipastikan apakah memiliki
keterikatan persetujuan untuk “tidak-bersaing” dengan pesaing dari perusahaan
ini. jika memiliki keterikatan tersebut, maka sebaiknya tidak kita terima di
perusahaan ini karna akan menyulitkan jalannya perusahaan ini.
Analisis Keuangan
Atribut keuangan utama
yang terdapat pada perusahaan sirup ini, diantaranya adalah :
1. Proyeksi aliran
kas (cash flow)
Proyeksi aliran kas dalam
suatu perusahaan memegang peranan penting, karena proyeksi aliran kas merupakan
perkiraan dari sejumlah uang kas yang masuk dan keluar dari perusahaan
tersebut, serta berapa saldonya dalam setiap periode.
Dari proyeksi aliran kas tersebut,
dapat diketahui jumlah dana yang dibutuhkan, baik dana untuk jangka panjang
maupun jangka pendek. Selain itu akan diketahui juga kemampuan dari perusahaan
dalam melakukan pembayaran kewajiban bulanan, sehingga dapat diketahui jangka
waktu yang dibutuhkan untuk melunasi kredit.
Berikut ini adalah
proyeksi aliran kas perusahaan sirup per tahun selama 5 tahun ke depan:
2. Proyeksi laba
rugi
Proyeksi laba rugi dalam
suatu perusahaan dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan
selama satu periode tertentu, yakni ringkasan dari pendapatan dan biaya
perusahaan selama periode tertentu, dan diakhiri dengan laba atau kerugian
bersih untuk periode tersebut. Proyeksi laba rugi perusahaan diperlukan untuk
menilai perubahan potensial sumber daya ekonomi yang mungkin dikendalikan di
masa depan, serta untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan
aliran kas dari sumber daya yang ada. Selain itu perkiraan laba rugi ini juga
berguna dalam hal perumusan pertimbangan mengenai efektivitas perusahaan dalam
memanfaatkan tambahan sumber daya.
Berikut ini adalah
proyeksi laba rugi perusahaan dalam 5 tahun ke depan :
3. Net Present
Value (NPV) dan Internal rate of return (IRR)
Net present value
merupakan penjumlahan seluruh present value dari net cash flow suatu proyek,
baik yang berupa initial investment ataupun proyeksi cash flow di masa
mendatang. Sedangkan internal rate of return merupakan discount rate dimana net
present value dari biaya-biaya suatu proyek sama dengan net present value dari
keuntungan yang diterima. Jadi, jika internal rate of return (IRR) lebih besar
dari cost of capital, maka proyek dianggap layak karena menghasilkan tingkat
pengembalian yang lebih besar dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan
modal. Sebaliknya, jika IRR lebih kecil dari cost of capital, maka proyek
dianggap tidak layak untuk dijalankan. Begitupun untuk net present value (NPV),
jika hasil penjumlahan seluruh present value dari net cash flow lebih besar
dari nol, maka dianggap proyek tersebut layak untuk dijalankan.
Berikut ini adalah
perkiraan dari NPV dan IRR dari usaha sirup tersebut :
Dari hasil proyeksi
perhitungan diatas terlihat bahwa proyek sirup tersebut layak untuk dijalankan,
karena hasil nilai NPV bersifat positif, yakni sebesar Rp 6.828.478.088 dan
nilai IRR sebesar 43%. Untuk fluktuasi yang mungkin terjadi pada penjualan musiman,
maka pada penjualan sirup ini fluktuasi dapat terjadi pada saat menjelang bulan
romadhon sampai hari raya idul fitri, dimana terjadi peningkatan penjualan
dibandingkan bulan-bulan lainnya dalam setahun.
Rencana Keuangan
Langkah-langkah yang
perlu diambil dalam merencanakan keuangan perusahaan adalah :
1. Menghitung
biaya set up, yang terdiri dari :
- biaya
administrasi dan pemasaran awal
-
biaya pendaftaran , lisensi dan legal
lainnya seperti biaya izin mendirikan bangunan, biaya izin pendirian usaha dan
notaris.
- biaya
peralatan dan kebutuhan asset, yang meliputi biaya pembangunan fisik (harta
tetap).
- modal
kerja awal (working capital).
2. Proyeksi
laba rugi.
Perusahaan dapat
membandingkan potensi pendapatan penjualan (omzet) dengan harga pokok penjualan
plus biaya tetap operasi, lalu tetapkan perkiraan harga penjualan agar
perusahaan dapat menghitung potensi laba/keuntungannya.
3. Proyeksi
aliran kas (cash flow).
4. Proyeksi
neraca.
Proyeksi neraca merupakan
perkiraan jumlah dan rincian kekayaan yang akan dimiliki perusahaan beserta
seluruh kewajibannya, baik kepada kreditor maupun kepada pemegang saham, pada
satu periode tertentu di masa mendatang. Prediksi neraca tersebut dibuat
berdasarkan perkiraan penjualan serta perkiraan biaya operasi. Neraca terdiri
dari aset, saldo pinjaman dan saldo modal.
5. Analisa
titik impas (Break Even Point).
Yaitu suatu keadaan
dimana perusahaan tidak mendapat untung dan kerugian (impas), jadi total hasil
penjualan sama dengan total biaya. Manajer harus melakukan analisa titik impas
ini, karena analisa ini penting dilakukan oleh perusahaan, dalam membantu
perencanaan keuangan, penjualan dan produksi, sehingga manajer dapat mengambil
keputusan untuk meminimalkan kerugian, memaksimalkan keuntungan dan melakukan
prediksi keuntungan yang diharapkan melalui penentuan harga jual persatuan,
produksi minimal, pendesainan produk, dan lain-lainnya.
Adapun proyeksi laba rugi
(proforma) dari perusahaan ini dapat dilihat di tabel proyeksi laba rugi
perusahaan 5 tahun ke depan yang ada di atas. Sedangkan prediksi neraca
(proforma) dari perusahaan ini adalah :
Kapitalisasi dan biaya
Start-Up
Biaya start up
perusahaan ini berasal dari dua sumber dengan total modal sebesar Rp
4.989.600.000,- yang terdiri dari modal sendiri sebesar 40% dengan total
pendanaan Rp 1.995.840.000,- dan sisanya 60% berasal dari pinjaman bank dengan
jumlah Rp 2.993.760.000,-. Dana pinjaman bank tersebut dibutuhkan untuk
menutupi kekurangan modal agar usaha tersebut dapat mulai dijalankan.
Perusahaan sirup ini
merupakan perusahaan keluarga yang berbentuk perseroan terbatas (PT) dan
pendirinya hanya 1 orang, yang sekaligus berkedudukan sebagai komisaris, serta
satu orang direktur yang memberikan modal dalam pendirian perusahaan ini,
dimana direktur tersebut membawahi beberapa manajer.
Adapun aset utama perusahaan
ini diantaranya adalah uang tunai, tanah, bangunan, peralatan, sertifikat dan
merek. Selain aset tersebut, perusahaan juga harus menjaga aset utama
perusahaan, aset yang tidak kalah pentingnya dalam berbisnis, yaitu aset sumber
daya manusia yang meliputi
karyawan dan pelanggan,
karena karyawan dan pelanggan lah yang dapat membantu bisnis tersebut dapat
terus beroperasi dengan lancar.
Karyawan merupakan salah
satu aset terpenting dalam perusahaan, karena dengan kepuasaan karyawan
terhadap perusahaan, tidak menutup kemungkinan bagi karyawan tersebut untuk
memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Selain itu para karyawan juga dapat
memberikan inovasi baru bagi perusahaan, meningkatkan daya saing serta menjaga
citra perusahaan. Sedangkan pelanggan juga merupakan aset utama dalam
perusahaan, dikarenakan suatu bisnis tidak akan dapat berjalan tanpa adanya
pelanggan. Ketika perusahaan masih memiliki pelanggan yang loyal, maka bisa
dipastikan perusahaan akan terus berjalan. Pelanggan yang loyal biasanya akan
memberikan informasi tentang apa yang mereka butuhkan, dan dari informasi
tersebut perusahaan dapat mengembangkan produknya dan memanfaatkan peluang yang
ada sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu pelanggan juga merupakan inspirasi
perusahaan untuk mendapatkan ide-ide baru yang fresh untuk membuat inovasi dari
segi produk, pemasaran, pelayanan dan sebagainya.
Proyeksi Harga Pokok
Penjualan
Dari seluruh perhitungan
sebelumnya, berikut adalah proyeksi harga pokok penjualan perusahaan selama 5
tahun:
Berdasarkan perhitungan
Harga Pokok Penjualan diatas, memiliki nilai HPP sebesar Rp 11.189,- per unit
botol di tahun pertama yang meningkat hingga Rp 14.049,- pada tahun kelima.
Nilai tersebut berada jauh dibawah harga jual yang ditetapkan perusahaan, sehingga
perusahaan masih bisa memperoleh laba setelah nilai penjualan dikurangi biaya
operasional lainnya.
Proyeksi Laporan Laba
Rugi
Perhitungan laba rugi
terlihat dalam tabel berikut:
Proyeksi perhitungan laba
rugi menggambarkan perhitungan atas proyeksi nilai penjualan yang dihasilkan
dengan Harga Pokok Penjualan (HPP), biaya-biaya operasional, biaya bunga dan
pajak sehingga menghasilkan proyeksi laba bersih yang akan diterima perusahaan.
Dari perhitungan tersebut juga dapat dilihat bahwa usaha ini menguntungkan
perusahaan karena nilai profit margin (rasio antara laba bersih dan nilai
penjualan) yang dihasilkan lebih besar dari nol dan cenderung meningkat setiap
tahunnya, walaupun ditahun ke 0 negatif karena awal pendirian perusahaan
membutuhkan biaya yang lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar