Selasa, 22 Maret 2016

Web Science

Artikel Web Science

Image 1. Web Science
Apa itu web science? Bagaimana awal sejarah web science? Apa itu pre-web dan apa sajakah didalamnya? Apa itu web 1.0, 2.0 dan 3.0?  Dan bagaimana bentuk arsitektur web? Ya, semua pertanyaan itu akan dijabarkan dalam tulisan ini, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Web Science
Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari. Dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis, dengan tampilan web yang menarik dan abtraktif agar memunculkan minat orang-orang untuk membaca web tersebut. Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

Sejarah Web Science
Web Science didirikan tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web science ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan UNiversity of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasikan danmendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep web science sudah menyebar secara meluas dan mengkukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada:
1.    Artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific
2.    Mengkoordinasikan pengembangan materi pembelajaran web science
3.    Mengikat pemikiran tentangkepemimpinan pada sector yang berkembang ini.

Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan web science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal The Web Science Trust  (WST). WST bekerja sama dengan  World Wide Web, tujuannya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science.


Sejarah Web
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untukmenampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Image 2. World Wide Web
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. 
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

A.   Pre-Web
Pre-web adalah era dimana prototype seperti hypertext, memex, usenet, ftp dan gopher muncul sebelum berevolusi menjadi internet seperti sekarang ini.

·        Hypertext
Hypertext adalah suatu pradigma antarmuka untuk menampilkan dokumen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain. Menurut definisi awal hypertext berarti “branch or perform on request ” yang artinyua bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.
Markup language merupakan kombinasi antara text dan informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan tersebut misalnya struktur teks atau bentuk tampilan yang diekspresikan dalam bentuk markup (tanda) yang menyatu dengan teks utama. Markup language paling modern yang digunakan saat ini adalah HTML (Hypertext Markup Language) yang merupakan salah satu basis dari Worl Wide Web.
Hypertext Markup Language adalah markup language yang dirancang untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext dan informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk membuat informasi terstruktur, mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standard bahasa yang digunakan untuk mengatur format tampilan dokumen web, menambahkan objek-objek web seperti image, audio, video dan juga java applet dalam dokumen HTML. Dokumen HTML dapat diakses oleh browser bedasarkan URL-nya, yaitu sebuah spesifikasi standard untuk menunjukkan lokasi suau resource diinternet yang disebutkan pada browser.
Image 3. Structured Hypertext



·         Memex
Image 4. Model Structured Memex
Vannevar Bush seorang insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang MEMEX yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi Worl Wide Web. Memex merupakan sebuah singkatan dari ”Memory Extender” yang diberikan Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebgai pionir dari teknologi hypertext yang saat ini telah ada. Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God Father World Wide. Dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX. Memex memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media penyimpanan. Secara fisik memex dideskripsikan terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm. Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke item terntentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan ke dalam memex sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum. Antara tahun 1990-1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex. Flaherty melanjutkan untuk menciptakan AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian besar dari web.

·         Usenet
Usenet merupakan singkatan dari User Network yang merupakan sistem diskusi internet yang terdistribusi global. Sistem ini dikembangkan dari asristektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Mahasiswa pascasajarna Unversitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal dan merupakan awal dari berbagai forum internet yang banyak digunakan saat ini. Secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web.

·         File Transfer Protocol
File Transfer Protokol atau FTP adalah protocol jaringan standard yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lainnya melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan control terpisah dan sambungan data antara klien dan server. Pengguna FTP dapat mengotentikasikan sendiri menggunakan sign-in yang jelas. Teks protocol biasanya dalam bentuk username dan password, tetapi dapat terhubung secara anonym jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman yang menyembunyikan (enksripsi) username dan password dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS (FTPS).
Image 5. File Transfer Protocol


·         Gopher
Gopher adalah protocol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian dan pengambilan dokumen melalui internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protocol gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya namun akhirnya gagal mencapai popularitas. Gopher diciptakan oleh Mark McCahill dan timnya di University of Minnesota pada 1991. Protocol ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh Native Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan didalamnya. Revisi gopher yang lebih baru dank lien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia. Dengan struktur hierarki, gopher memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna gopher ingat bahwa sistem “lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir” dari layanan web saat ini.Meskipun sebagian besar digantikan oleh web ditahun berikutnya, protocol gopher masih digunakan oleh penggemar dan server populasi kecil aktif dipertahankan.


B.   Web 1.0 Web 2.0 web 3.0

·        Web 1.0
Web 1.0 adalah web yang hanya bisa ‘read-only’. Maksudnya adalah pada Web 1.0 ini kebanyakan hanya bisa melakukan pencarian atau browsing informasi yang ingin dicari. Beberapa ciri khas dari situs Web 1.0 antara lain:
a.    Halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
b.    Halaman masih didesain sebagai HTML murni, yang hanya memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
c.    Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
d.    Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya satu arah.

·         Web 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi seceara online. Menurut tim O’Reilly, Web 2.0 adalah revolusi bisnis diindustri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read-only menjadi read-write. Contoh jenis web ini adalah Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif sosial network.

·        Web 3.0
Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikanpertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia telah disempurnakan. Bedasarkan definisi yag dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama, karena Semantic Web memiliki isi web yang tidak dapat hanya diekspresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterprestasikan dan digunakan oleh perangkat lunak atau software. Teknologi Web 3.0 dalam teknik pencarian maka mesin akan mencari hasil yang dicari, contohnya jika kita mencari informasi di mesin pencari Web 3.0  dengan keyword “Kapan tanggal kemerdekaan republic Indonesia” maka hasil yang ditampilkan adalah berupa hasil informasi yang dicari yaitu “17 Agustus 1945”. Dengan adanya Web 3.0 ini, manusia akan semakin dimanjakan dengan aplikasi-aplikasi website. Dengan adanya web service ini seperti 3G, LILO community, teknologi 3D animasi.


Arsitektur Web
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang melibatkan kriteria teknis, estetis dan fungsional. Arsitektur web mempertimbangkan estetika dan teori kritis. Kedua ide ini menekankan aspek structural informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web desain menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian grafis dan bagian teknis dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Berikut ini merupakan gambar dari arsitektur web:
Image 6. Arsitektur Web



Metodologi Web Science
Seb science merupakan kajian science dari web. Ketika web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. Berbagai penelelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur web dengan sampling sebagai kata kunci utamanya. Metodologi web science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industry maupun akademisi.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar