1.1 PENGERTIAN, TUJUAN ISD dan IPS
ISD atau Ilmu Sosial
Dasar adalah mata kuliah yang mempelajari masalah-masalah sosial yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari sebagai bidang pengetahuan dalam ilmu-ilmu social
seperti sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, dan
psychology social.
ISD merupakan ilmu social yang memiliki obyek
dan metode ilmiah tersendiri yang tidak bisa dipadupadankan, dan ISD tidak
termasuk disiplin ilmu tersendiri. Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah umum
di tunjukkan untuk menghadapi masalah-masalah dalam menyelenggarakan tridarma
pergutuan tinggi , yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
gejala-gejala social agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa lebih
peka dan kritis dalam menghadapi masalah social.
Berikut tujuan dari
Ilmu Sosial Dasar itu sendiri adalah:
·
Mahasiswa dapat
memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan
masalah-masalah social yang ada di dalam masyarakat.
·
Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap
masalah-masalah social yang berada di dalam masyarakat dan ikut serta dalam
menanggulanginya
·
Mahasiswa dapat memahami jalan pikiran para ahli
dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka untuk
penanggulangan masalah social di masyarakat.
IPS atau Ilmu
Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari gejala dan masalah social di
kalangan masyarakat yang dilihat dari berbagai aspek kehidupan yang terpadu.
Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai tujuan membentuk warga Negara yang mempunyai
kemapuan social, artinya IPS memberikan kemampuan kepada seseorang agar mampu
hidup di tengah-tengah masyarakat dan mampu menjadi warga Negara yang baik dan
bertanggung jawab.
1.2 ISD dan IPS
Persmaan Ilmu
Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Perbedaan Ilmu
Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial:
|
Keduanya merupakan merupakan bahan studi untuk kepentingan program
pendidikan/pengajaran.
|
ISD diberikan pada jenjang pendidikan di Perguruan
Tinggi, sedangkan IPS diberikan pada jenjang penddidikan di bangku sekolah
(SD, SMP dan SMA).
|
Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri, artinya ilmu
social dasar dan ilmu pengetahuan social tidak mempunyai objek dan metode
ilmiah.
|
ISD merupakan mata kuliah tunggal sedangkan IPS merupakan
sekumpulan dari sejumlah mata pelajaran.
|
Keduanya mempunyai materi yang terdidi dari kenyataan
social dalam masalah social, artinya ISD dan IPS mempunyai materi
permasalahan yang sama.
|
ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,
sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan
intelektual.
|
1.3 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Bahan pembelajaran
ISD dibagi menjadi 3 golongan, antara lain:
·
Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam
masyarakat. Meliputi latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya.
·
Konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk
mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social.
·
Membahas masalah social yang timbul dalam
masyarakat.
ISD meliputi dua
kelompok utama, yaitu:
·
Studi manusia dan masyarakat, yang terdiri dari psikologi, sosiologi dan antropologi.
·
Lembaga-lembaga social, yang terdiri dari ekonomi dan politik.
Sumber Refrensi:
PERTANYAAN BAB 1 :
1. “Kenyataan-kenyataan social yang ada di
masyarakat, masalah social yang timbuldi masyarakat”. Merupakan ruang lingkup
dari…
A. Ilmu Sosial Dasar
B. Ilmu Pengetahuan Sosial
C. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
D. Semuanya
benar
2. Apa tujuan dari diadakannya pelajaran IPS ?
A. Membentuk keterampilan intelektual untuk
mampu hidup di tengah masyarakat
B. Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap masalah social
C. Untuk menghadapi masalah dalam menyelenggarakan Tridarma perguruan
tinggi
D.
Semuanya benar
3. “Merupakan bahan studi untuk kepentingan program dan
pengajaran”. Merupakan pengertian dari…
A. Ilmu Sosial Dasar
B. Ilmu Pengetahuan Sosial
C. Persamaan ISD dan IPS
D. Semuanya benar
4. Pradigma definisi social memusatkam
kepada?
A. Aksi saja
B. Interaksi social saja
C. Aksi dan Interaksi Sosial
D. Semuanya Benar
5. Mata kuliah Ilmu Sosial bersifat?
A. Memberi arahan penekanan materi seluruh
ilmu-ilmu social
B. Memberi penekanan materi ilmu social secara terperinci
C.
Memberi arahan penekanan secaara global dan tidak mendalam
D. Semuanya benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar