Minggu, 28 September 2014

BAB 1 ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM



1.1   PENGERTIAN, TUJUAN ISD dan IPS

ISD atau Ilmu Sosial Dasar adalah mata kuliah yang mempelajari masalah-masalah sosial yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari sebagai bidang pengetahuan dalam ilmu-ilmu social seperti sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, dan psychology social.
 ISD merupakan ilmu social yang memiliki obyek dan metode ilmiah tersendiri yang tidak bisa dipadupadankan, dan ISD tidak termasuk disiplin ilmu tersendiri. Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah umum di tunjukkan untuk menghadapi masalah-masalah dalam menyelenggarakan tridarma pergutuan tinggi , yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala social agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa lebih peka dan kritis dalam menghadapi masalah social.
Berikut tujuan dari Ilmu Sosial Dasar itu sendiri adalah:
·      Mahasiswa dapat  memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada di dalam masyarakat.
·      Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap masalah-masalah social yang berada di dalam masyarakat dan ikut serta dalam menanggulanginya
·      Mahasiswa dapat memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka untuk penanggulangan masalah social di masyarakat.

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari gejala dan masalah social di kalangan masyarakat yang dilihat dari berbagai aspek kehidupan yang terpadu. Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai tujuan membentuk warga Negara yang mempunyai kemapuan social, artinya IPS memberikan kemampuan kepada seseorang agar mampu hidup di tengah-tengah masyarakat dan mampu menjadi warga Negara yang baik dan bertanggung jawab.

1.2   ISD dan IPS
Persmaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial:
Keduanya merupakan merupakan bahan  studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
ISD diberikan pada jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi, sedangkan IPS diberikan pada jenjang penddidikan di bangku sekolah (SD, SMP dan SMA).
Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri, artinya ilmu social dasar dan ilmu pengetahuan social tidak mempunyai objek dan metode ilmiah.
ISD merupakan mata kuliah tunggal sedangkan IPS merupakan sekumpulan dari sejumlah mata pelajaran.
Keduanya mempunyai materi yang terdidi dari kenyataan social dalam masalah social, artinya ISD dan IPS mempunyai materi permasalahan yang sama.
ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.


1.3   RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

Bahan pembelajaran ISD dibagi menjadi 3 golongan, antara lain:

·      Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat. Meliputi latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya.
·      Konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social.
·      Membahas masalah social yang timbul dalam masyarakat.

ISD meliputi dua kelompok utama, yaitu:
·      Studi manusia dan masyarakat, yang terdiri dari psikologi, sosiologi dan antropologi.
·      Lembaga-lembaga social, yang terdiri dari ekonomi dan politik.

Sumber Refrensi:




PERTANYAAN BAB 1 :
1.    “Kenyataan-kenyataan social yang ada di masyarakat, masalah social yang timbuldi masyarakat”. Merupakan ruang lingkup dari…
       A.      Ilmu Sosial Dasar
       B.      Ilmu Pengetahuan Sosial
       C.      Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
  D.  Semuanya benar


2.        Apa tujuan dari diadakannya pelajaran IPS ?
      A.      Membentuk keterampilan intelektual untuk mampu hidup di tengah masyarakat
      B.      Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap masalah social      
      C.      Untuk menghadapi masalah dalam menyelenggarakan Tridarma perguruan tinggi
   D.   Semuanya benar
3.       “Merupakan bahan studi untuk kepentingan program dan pengajaran”. Merupakan pengertian dari…
      A.      Ilmu Sosial Dasar
      B.      Ilmu Pengetahuan Sosial
      C.      Persamaan ISD dan IPS
 D.   Semuanya benar
4.    Pradigma definisi social memusatkam kepada?
       A.      Aksi saja
       B.      Interaksi social saja
       C.      Aksi dan Interaksi Sosial
  D.   Semuanya Benar

5.       Mata kuliah Ilmu Sosial bersifat?
     A.      Memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu social
     B.      Memberi penekanan materi ilmu social secara terperinci
 C.    Memberi arahan penekanan secaara global dan tidak mendalam
 D.  Semuanya benar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar